MODUL : Administrasi, Organisasi, dan Manajemen
Definisi Administrasi
- Administrasi berasal dari kata
“Ad” dan “Ministro” (latin) yang berarti “melayani” atau
“menyelenggarakan” (Webster, 1974).
- Administrasi ialah proses
kegiatan penyelenggaraan yang dilakukan oleh seorang administrator secara
teratur dan diatur menerusi perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk
mencapai hala tuju yang telah ditatapkan.
- Administrasi ialah proses kerja
sama secara rasional untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.
- Administrasi adalah
pengkoordinasian dan pengarahan sumber-sumber tenaga manusia dan material
untuk mencapai tujuan yang diinginkan (John M. Phiffner dan RV Presthus
dalam buku Public Administration).
- Administrasi menekankan kepada
kegiatan pengkoordinasian orang-orang yang berkerjasama, alat-alat dan
dana yang digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan.
- Administrasi adalah pengarahan,
kepemimpinan, dan pengendalian dari usaha-usaha kelompok orang dalam
rangka pencapaian tujuan yang umum atau pokok (William H. Newman dalam
buku Administration Action).
- Pelaksana administrasi adalah
seorang yang disebut administrator. Ketika organisasi belum maju dan
belum terlalu kompleks, seorang administrator melaksanakan fungsi
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Tetapi ketika kegiatannya
telah maju dan bersifat kompleks, maka tugas administrator lebih
ditumpukan kepada pengawasan dan koordinasi.
- Tugas seorang administrator
dalam melakukan administrasi mencakup koordinasi dan
pengawasan/pengendalian.
- Pada saat kegiatan administrasi
telah maju, maka pelaksanaan administrasi dilaksanakan oleh orang-orang
yang bekerjasama dalam melaskanakan tugas untuk mencapai tujuan bersama,
dan untuk itulah diperlukan organisasi dan manajemen.
Definisi
Organisasi
- Secara sederhana, organisasi
adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang
diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.
- Organisasi ialah suatu wadah
atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan
yang telah ditetapkan bersama.
- Ciri-ciri organisasi ialah: 1)
terdiri daripada dua orang atau lebih, 2) ada kerjasama, 3) ada komunikasi
antar satu anggota dengan yang lain, 4) ada tujuan yang ingin dicapai.
- James D. Mooney, Organisasi
adalah sebagai bentuk setiap perserikatan orang-orang untuk mencapai suatu
tujuan bersama (Organization is the form of every human
association for the attainment of common purpose).
- John D. Millet,
Organisasi adalah sebagai kerangka struktur dimana pekerjaan dari beberapa
orang diselenggarakan untuk mewujudkan suatu tujuan bersama (Organization
is the structural framework within which the work of many individuals is
carried on for the realization of common purpose).
- Herbert. A. Simon,
Organisasi adalah sebagai pola komunikasi yang lengkap dan
hubungan-hubungan lain di dalam suatu kelompok orang-orang
(Organization is the complex pattern of communication and other relations
in a group of human being).
- Chester L. Barnard,
Organisasi adalah sebagai sebuah sistem tentang aktivitas kerjasama dua
orang atau lebih dari sesuatu yang tidak berwujud dan tidak pandang bulu,
yang sebagian besar tentang persoalan silaturahmi (Organization is a
system of cooperative activities of two or more person something
intangible and impersonal. Largely a matter of relationship).
- Dwight Waldo, Organisasi
adalah sebagai suatu struktur dari kewenangan-kewenangan dan
kebiasaan-kebiasaan dalam hubungan antara orang-orang pada suatu sistem administrasi
(Organization is the structure of authoritative and habitual personal
interrelations in an administrative system).
- Luther Gulick, Organisasi
adalah sebagai suatu alat saling hubungan satuan-satuan kerja yang
memberikan mereka kepada orang-orang yang ditempatkan dalam struktur
kewenangan; dus dengan demikian pekerjaan dapat dikoordinasikan oleh
perintah para atasan kepada para bawahan yang menjangkau dari puncak
sampai ke dasar dari seluruh badan usaha ( Organization is the means of
interrelating the subdivisions of work by allotting them to men who are
placed in a structure of authority, so that the work may be coordinated by
orders of superiors to sub ordinates, reaching from the top to the bottom
of the entire enterprise).
- Organisasi sebagai suatu
kelompok orang yang bersatu dalam tugas-tugas, terikat pada lingkungan
tertentu, menggunakan alat teknologi dan patuh pada peraturan (Malinowski).
- Organisasi timbul bilamana
orang-orang yang bergabung di dalam suatu usaha mencapai tujuan bersama (James
D. Mooney).
- Organisasi ada bila orang-orang
berhubungan satu dengan yang lain, mau bekerjasama untuk mencapai tujuan
bersama (Chester I. Barnard).
- Organisasi sebaai suatu
kesatuan, yaitu sekelompok orang yang terlibat bersama-sama di dalam
hubungan yang resmi untuk mencapai tujuan-tujuan (Henry L. Sisk).
- Organisasi merupakan suatu
sistem terbuka, yang memiliki interaksi konstan dengan lingkungannya,
serta terdiri dari banyak sub-grup, unit-unit jabatan, susunan hierarki
serta segmen yang tersebar secara geografis (Schein).
- Organisasi dapat dilihat dengan
dua cara berbeda, iaitu: 1) organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang
terdiri atas sub-sistem yang saling berkaitan, dan memperoleh input untuk
diolah yang berasal dari lingkungan serta menyalurkan output hasil
pengolahan ke lingkungan kembali, dan 2) organisasi sebagai sekelompok
orang yang berkerjasama untuk mencapai suatu tujuan bersama (Monir H.
Thayeb).
- Organisasi dapat diartikan
dalam dua macam, yaitu:
- Dalam arti statis, yaitu organisasi
sebagai wadah tempat dimana kegiatan kerjasama dijalankan;
- Dalam arti dinamis, yaitu
organisasi sebagai suatu sistem proses interaksi antara orang-orang yang
bekerjasama, baik formal maupun informal.
- Sinonim Organisasi
- Institusi/lembaga;Kelompok yang menampung
aspirasi masyarakat; punya aturan tertulis atau tidak; tumbuh dalam
masyarakat; mencapai tujuan bersama; dibentuk oleh pemerintah atau swasta.
- Birokrasi didefinisikan :
- Etimologi (asal kata):
bureau=meja kratia (cracein)=pemerintahan, dus pemerintahan atau
administrasi melalui kantor.
- Administrasi dan manajemen:
badan administrasi atau badan manajemen (administrative body atau
management body), dus suatu badan yang menyelenggarakan suatu kegiatan
atau pekerjaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (baik dalam
bidang pemerintahan maupun swasta).
- Sistem: sistem kerja yang
berlandaskan suatu jaringan tata-hubungan kerjasama sesuai dengan tata
aturan dan prosedur yang ditentukan.
- Organisasi formal
Organisasi
yang memiliki struktur (bagan yang menggambarkan hubungan-hubungan kerja,
kekuasaan, wewenang dan tanggung jawab antara pejabat dalam suatu organisasi).
- Suatu organisasi harus memuat 4
unsur utama, iaitu: 1) goals oriented (berorientasi tujuan), 2) Psychosocial
system (sistem hubungan sosial), 3) structured activities, 4) technological
system.
Kesimpulan:
Organisasi
adalah: 1) wadah atau tempat terselenggaranya administrasi; 2) didalamnya
terjadi berbagai hubungan antar-individu maupun kelompok, baik dalam organisasi
itu sendiri maupun keluar; 3) terjadinya kerjasama dan pembagian tugas; 4)
berlangsungnya proses aktivitas berdasarkan kinerja masing-masing.
- Organisasi Publik
Organisasi
publik adalah 1) organisasi yang terbesar; 2) yang mewadahi seluruh lapisan
masyarakat dengan ruang lingkup negara; 3) mempunyai kewenangan yang absah
(terlegitimasi) di bidang politik, administrasi pemerintahan, dan hukum secara
terlembaga 4) sehingga mempunyai kewajiban melindungi warga negaranya, dan 5)
melayani keperluannya, 6) sebaliknya berhak pula memungut pajak untuk
pendanaan, 7) serta menjatuhkan hukuman sebagai sanksi penegakan peraturan.
Organisasi publik sering dilihat pada bentuk organisasi pemerintah yang dikenal
sebagai birokrasi pemerintah (organisasi pemerintahan). Atau satu-satunya
organisasi didunia yang mempunyai wewenang merampok harta rakyat (pajak),
membunuh rakyat (hukuman mati), dan memenjarakan rakyat.
- Organisasi formal v informal
Organisasi
formal ialah suatu organisasi yang memiliki struktur yang jelas, pembagian
tugas yang jelas, serta tujuan yang ditetapkan secara jelas. Organisasi
informal akan timbul apabila anggota organisasi formal merasa keinginannya
tidak terpenuhi oleh organisasi formal. Hubungan organisasi formal dengan
organisasi informal bersifat berbanding terbalik “semakin tinggi tingkat
kepuasan pegawai, maka semakin kecil kemungkinan munculnya atau terbentuknya
organisasi informal.
- Faedah organisasi informal
terhadap organisasi informal
- boleh dijadikan sarana
komunikasi,
- boleh dijadikan alat pemersatu
dan menghilangkan frustasi,
- boleh dijadikan pendorong agar
rajin bekerja.
Manajemen
a)
Manajemen adalah seni melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang (Mary
Parker Follet). Atau sebagai pengaturan atau pengelolaan sumberdaya
yang ada sehingga hasilnya maksimal.
b)
Manajemen adalah tindakan atau kemampuan untuk memperoleh hasil yang diinginkan
dengan menggunakan orang-orang yang mempunyai keahlian khusus.
c)
Manajemen selalu digunakan dalam hubungannya dengan orang-orang yang
menjalankan kepemimpinan di dalam suatu organisasi. Dus manajemen
didefenisikan sebagai suatu proses kegiatan manajer dalam mengambil keputusan,
mengkoordinasikan usaha-usaha kelompok, dan kepemimpinan (J. G.
Longenecker).
d)
Manajemen meliputi koordinasi orang-orang dan koordinasi sumber-sumber material
untuk mencapai tujuan organisasi (Kast & Rosenzweig). Sedangkan Henry
L. Sisk mendefenisikan manajemen sebagai koordinasi dari semua sumber
(tenaga manusia, dana, material, waktu, metode kerja dan tempat) melalui proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian supaya dapat
mencapai sasaran yang diinginkan.
d)
Kesimpulan:
Manajemen
lebih banyak berhubungan dengan pengambilan kebijaksanaan, koordinasi dan
kepemimpinan. Koordinasi adalah menyelaraskan (mensinkronisasikan) dan
menyatukan tindakan-tindakan kelompok orang dalam organisasi (William H.
Newman).
Hubungan
administrasi, organisasi, dan manajemen
- Dalam melaksanakan
administrasi, seorang administratur dibantu oleh orang-orang yang
bekerjasama dalam menjalankan tugas-tugas dan tugas-tugas tersebut harus
diselaraskan dan dipadukan agar mengarah pada tujuan yang ingin dicapai.
- Kerjasama orang-orang dalam
mencapai tujuan, perlu disusun dan diatur, dan untuk itu administrasi
memerlukan organisasi.
- Karena dalam admnistrasi yang
dihadapi adalah orang-orang yang berkerjasama dengan akal dan perasaannya
dengan menggunakan alat-alat dan materi lainnya, maka orang-orang perlu
digerakkan menuju sasaran yang akan dicapai, untuk itu diperlukan
manajemen.
- Dari uraian di atas, maka
administrasi modern dapat diartikan secara luas yaitu meliputi organisasi
dan manajemen.
Terbentuknya
Organisasi
Manusia
makhluk sosial, makhluk bermasyarkat (homo socius, social animal, zoon
politicon), tidak mungkin dapat hidup sendiri, cenderung bermasyarakat atau
berkelompok (gregariousness).
Keperluan
Manusia
- Abraham Maslow
- Keperluan fisik (physical
need);
- Keperluan rasa aman dan selamat
(safety need);
- Keperluan social (social
needs);
- Keperluan akan harga diri
(esteem needs);
- Keperluan aktualisasi diri
(self realization needs).
Dorongan
Orang Bekerja
- Dorongan primer (Kelangsungan
hidup organis)
- Motif Dasar (Psikologis dan
sosial)
Motivasi Orang
Bekerja
1.
Kepastian (masa depan-kelangsungan kerja);
2.
Kesempatan (naik pangkat/dipromosikan);
3.
Peran serta (saran-saran/masukan dalam pengambilan keputusan);
4.
Pengakuan/penghargaan (prestasi kerja);
5.
Ekonomi (upah/gaji yang layak untuk hidup);
6.
Pencapaian (keberhasilan dalam pekerjaan);
7.
Komunikasi (mengetahui apa yang terjadi dalam organisasi);
8.
Kekuasaan (kewibawaan, dan mempengaruhi orang lain);
9.
Keterpaduan (bagian dari organisasi secara keseluruhan);
10.
Kebebasan (pribadi dan pendapat).
Kesimpulan
Keperluan (needs)
——– Keinginan (wants) memenuhi keperluan ———tindakan (action)
memenuhi keperluan ——- pencapaian tujuan (objektives)
Tidak semua
keperluan (needs) dapat dipenuhi seorang diri untuk itu perlu
Organisasi (Berorganisasi).
5 Reasons Why I Can't Use a Curacao Coin Casino
BalasHapus5 Reasons Why I Can't Use a 제왕 카지노 Curacao Coin Casino · 1. Discover the History of Online Casinos · 2. Discover 바카라 사이트 the 인카지노 History of